Tutorial Cepat Bersihkan Cache Memory Agar HP Makin Kencang

Tutorial Cepat Bersihkan Cache Memory Agar HP Makin Kencang

NEXTDROID.CO.ID | Saat ponsel Android mulai lelet waktu dioperasikan? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel Android menjadi lambat saat bekerja. 

Salah satunya karena kapasitas memori penyimpanan yang sudah terlampau penuh. Semakin lama, HP akan dijejali berbagai macam file dan aplikasi. 

Tetapi, menghapus beberapa file atau aplikasi supaya ruang memori lebih lega cukup memakan waktu. Belum lagi memilah dan memilih mana yang masih dibutuhkan dan mana yang harus dihapus. 

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan memori penyimpanan internal ponsel Android, yakni dengan menghapus data cache (tembolok).

Apa itu data cache? 
Data cache adalah data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. 

Misalnya saja ketika membuka situs di peramban, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Aplikasi yang memakan ruang penyimpanan yang cukup besar, seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan marketplace, ukurannya bisa mencapai ratusan megabyte. 

Dengan menyimpannya sementara, sistem tidak harus mengunduh gambar yang sudah pernah dibuka sebelumnya. 

Sehingga, bisa lebih cepat membuka situs yang diinginkan dan tidak mengonsumsi banyak kuota data.

Menghapus data cache aman dilakukan karena tidak akan menghapus data aplikasi, seperti data login, game yang tersimpan, dan sebagainya. 

Berikut langkah-langkah menghapus data cache untuk membersihkan memori internal: 

  • Buka pengaturan
  • Battery and Device Care
  • Storage
  • Pilih icon tiga titik di kanan atas layar, kemudian pilih Advance
  • Other Apps
  • Pilih aplikasi yang sering digunakan
  • Setelah aplikasi dibuka, akan terlihat jumlah data yang digunakan, pilih opsi "clear cache" yang ada di kanan bawah.

Perlu diingat, karena antarmuka setiap merek ponsel Android berbeda, kemungkinan langkahnya agak sedikit berbeda. Namun, langkah dasarnya sama. 

Dalam menulis artikel ini, Nextdroid.co.id menggunakan Galaxy S21 Ultra yang menjalankan sistem operasi Android 11 dan One UI 3.1. Untuk ponsel model lain, pengguna juga bisa langsung mencari opsi "storage" setelah membuka menu pengaturan. Kemudian, lanjutkan langkah keempat hingga akhir seperti di atas. Selamat mencoba!*